Patut Dihindari, Ini 5 Penyebab Kolesterol Naik

Patut Dihindari, Ini 5 Penyebab Kolesterol Naik

Meningkatnya level kolesterol jahat dalam tubuh merupakan mimpi buruk bagi setiap orang. Bagaimana tidak, jika level kolesterol naik maka risiko timbulnya penyakit berat seperti serangan jantung dan stroke pun juga bakal meningkat. Agar kondisi tubuh bisa tetap sehat dan prima, pastikan Anda menghindari 5 hal yang jadi penyebab kolesterol naik berikut ini.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Akan Lemak Jenuh

Makanan bisa dibilang sebagai penyebab utama dari naiknya level kolesterol jahat dalam tubuh. Meningkatnya level kolesterol jahat dalam tubuh ini disebabkan oleh pengonsumsian makanan yang mengandung lemak jenuh. Oleh sebab itu, jika tak ingin level kolesterol jahat meningkat, kurangi pengonsumsian makanan seperti olahan daging, fast food, gorengan, dan makanan kaya pemanis.

  1. Berat Badan yang Berlebihan

Tahukah Anda kalau pemilik Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan nilai 30 atau lebih, berisiko tinggi mengidap kolesterol tinggi? Kondisi tubuh yang kegemukan atau obesitas, memang identik dengan timbulnya masalah kesehatan. Agar bisa menghindari naiknya level kolesterol, berusahalah untuk menurunkan berat badan dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga setiap harinya.

  1. Malas Berolahraga atau Melakukan Aktivitas Fisik

Olahraga atau aktivitas fisik yang Anda lakukan tak hanya akan menjaga kebugaran tubuh, namun juga dapat mengendalikan level kolesterol. Dengan rajin berolahraga, maka kadar kolesterol baik akan meningkat, menggantikan tempat kolesterol jahat. Sebaliknya, tubuh malah akan lebih banyak dipenuhi oleh kolesterol jahat jika Anda malas untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik.

  1. Tak Menghentikan Kebiasaan Merokok

Ada begitu banyak efek negatif yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok, salah satunya adalah naiknya level kolesterol jahat dalam tubuh. Saat Anda merokok, akan terjadi kerusakan pada dinding pembuluh darah yang Anda miliki. Jika dinding ini mengalami kerusakan, maka risiko penimbunan lemak di sana akan meningkat. Tak hanya itu saja, kolesterol baik pun akan menurun jumlahnya.

  1. Tekanan yang Berlebihan atau Stres

Tahukah Anda kalau tekanan mental yang berlebihan yang Anda alami serta stres juga bisa memicu naiknya level kolesterol? Saat Anda stres, maka produksi hormon adrenalin dan kortisol akan mengalami peningkatan. Nah, kedua hormon ini akan menstimulasi hati untuk memproduksi dan melepaskan kolesterol lebih banyak. Akibatnya, level kolesterol dalam tubuh pun meningkat.

Mengingat bahaya dari tekanan dan juga stres ini, ada baiknya Anda mencari ruang khusus untuk menenangkan diri. Anda bisa lakukan aktivitas yang disenangi, sehingga Anda tak lagi dirundung oleh stres. Tak lupa, lakukan juga aktivitas yang dapat menenangkan pikiran dan jiwa seperti yoga atau meditasi.

Jagalah kesehatan Anda dengan menghindari hal yang jadi penyebab kolesterol naik. Jalankan pola hidup sehat, konsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga, serta berhenti merokok mulai dari sekarang. Pastikan juga pikiran Anda tenang dan bebas dari stres, sehingga risiko buruk dari tinggi kolesterol bisa Anda hindari.